Resep Rendang via Telepon ala Saya dibimbing Mama Mertua

Haloo! Jumpa lagi dengan Saya, ibu satu anak yang baru belajar memasak. Kali ini saya memasak rendang. Makanan khas Sumatera Barat ini sangat terkenal. Menggunakan daging sapi, kelapa goreng, rempah-rempah dan santan. Berikut langkah-langkah yang saya tempuh hingga rendang saya matang (?)

Pertama, beli dulu daging sapinya sekitar satu kilogram. Lalu dipotong-potong. Jangan terlalu tebal karena lama matangnya (it’s happen to me) atau minta potong langsung sama tukang jagal saat membeli daging. Lalu, karena saya ga ngerti cara memasak rendang akhirnya saya putuskan menelepon mama mertua yang sedang di kantor. Loh, kok bukan mama sendiri? Iya, mama saya sedang sibuk juga. Ga masalah kan?

Nah, kata mama mertua saya nih.. Yang perlu disiapkan adalah bumbu rendang dan kelapa goreng (sangrai) -bisa beli jadi tuh di pasar. Kalau saya ambil di kulkas mertua. Hehehehe.. Oya, kelapa parut sekitar tiga ribu rupiah untuk diambil santannya. Peras sekitar empat kali deh…

Iris-iris juga dua siung bawang putih dan merah, lalu tumis dengan dua sendok cabe merah halus. Setelah itu masukan bumbu rendang, kelapa goreng, empat lembar daun salam dan dagingnya. Aduk hingga merata. Kecilkan api dan tutup sampai kaldu dagingnya keluar dan masak sampai kaldunya mengering sambil sesekali diaduk. Orang bilang ini kayak bagar gitu…

Kalau airnya sudah kering, baru tuang santan sampai dagingnya kelelep minta tolong. Nah, aduk dah tuh santan dengan gaya ditimba-timba. Pura-puranya mau nyelamatin daging yang tenggelam padahal cuma PHP doang! Istilahnya nih ya, jangan sampai ‘pecah kuah’ atau kalau enggak rendangnya masuk dalam kategori gagal.

Pokoknya ditimba terus sampai tangan pegel dan santan mendidih. Kalau sudah mendidih ga perlu terus diaduk, sesekali aja ngaduknya jangan sampai kelapanya jadi kerak ga jelas di dasar wajan. Masak deh sampai dagingnya empuk dan santannya mengering. Kudu sabar eaaa…

Kalau sudah matang tinggal disajikan. Hmmm.. Resep rendang via telepon ala saya dibimbing mama mertua siap disajikan. (Semoga enak 0:))