Nasi Tim Daging Cincang

Selamat pagi! Kali ini saya belajar masak lagi sama mama mertua. Menu kali ini buat si kecil Andara yang sudah 9 bulan, nama masakannya Nasi Tim Daging Cincang.

Jadi, ceritanya nih waktu bikin rendang kemarin, dagingnya saya ambil sepotong untuk dicincang halus. Nah, pagi ini daging cincangnya saya olah buat nasi tim. Selain daging, bahan lain yang diperlukan antara lain wortel dan buncis, boleh juga ditambah jagung manis yang dicincang halus supaya cepat matang. Bahan utamanya tentu saja beras sekitar tiga sendok makan. Jangan lupa semua bahan dicuci terlebih dahulu, ya? Iya. 🙂

Cara pengolahannya cukup mudah, masukan daging cincang, beras, dan tambahkan air yang perbandingannya 1:4. Tadi saya isi airnya kira-kira 3/4 panci kecil yang saya gunakan untuk memasak nasi tim.

Tutup pancinya dan tunggu sampai mendidih. Kalau sudah mendidih, masukan sayuran yang sudah dicincang tadi dan aduk sesekali agar nasinya tidak mutung/berkerak. Masak sampai nasinya lembut dan mengental. Jadinya mirip-mirip bubur ayam gitu deh… Jangan lupa tambahkan sedikit garam biar gurih. Hidangkan setelah nasinya dingin atau udah bisa dimakan sama si kecil.

Menu ini bisa buat satu hari, alias tiga kali makan si kecil. Maklum, sebagai ibu yang bekerja kantoran agak repot kalau setiap kali baby mau makan harus masak dulu. Kalau makannya banyak, berarti porsi masaknya boleh ditambah. Hehhehe..

Masa peralihan dari makan bubur ke nasi tim ini kadang juga bikin si kecil susah nelan makanannya. Jadi, terkadang nasi timnya Andara dihalusin lagi deh pake sendok biar ga tersedak saat makan. Dan Andara suka banget dengan menu ini. Oya, dagingnya boleh diganti dengan telur ayam kampung, ikan, atau ayam. Variasiin aja biar si kecil tidak bosan. Selamat mencoba! 😀