#Day13: Guru Pembelajar

Hola!
Sudah baca post hari ke-duabelas? Tentang saya yang galau karena mau pelatihan? Kalau belum baca dulu boleh lah ya…
Hari ini ceritanya tentang pelatihan Guru Pembelajar aja deh. Sekalian review kegiatan hari ini. Tadi kita belajar tentang Guru Pembelajar, yaitu guru yang selalu belajar. Di Juknisnya ada sih penjelasan rinci, tapi cukup itu aja ya yang ditulis di sini soalnya ga hapal :p
Artinya, sebagai guru kami diharapkan dapat selalu belajar untuk meningkatkan kompetensi kemampuan agar menjadi makin baik sesuai dengan standar yang diharapkan pemerintah.

Pelatihan ini sendiri tujuannya melatih para guru yang telah terpilih untuk menjadi instruktur guru pembelajar dimana nanti apabila sudah kembali ke daerah asalnya dapat menularkan ilmu yang didapat kepada teman-teman guru lainnya.

Adapun beberapa materi tentang Guru Pembelajar yang sudah dipelajari selama dua hari pelatihan ini adalah,
1. Guru Pembelajar Moda Tatap Muka (Luring: Luar Jaringan)
Yaitu fasilitator (instruktur) bertatap muka langsung dengan peserta (guru). Jenis GP moda tatap muka terbagi lagi menjadi,
a. Tatap Muka Penuh
Artinya fasilitator melakukan pelatihan GP selama 60JP (untuk guru mapel, dll) atau 100JP (untuk kejuruan) dengan peserta menggunakan moda tatap muka sesuai jadwal secara terbimbing. (Face to face)
b. Tata Muka IN-ON-IN (tidak penuh)
Yaitu moda tatap muka yang dilakukan dengan kombinasi antara tatap muka langsung (IN) dan tugas mandiri (ON)
c. Tatap Muka dalam kegiatan kolektif guru
Kegiatan pelatihan GP dapat dilakukan pada forum MGMP, KKG atau kelompok pengembangan kompetensi guru lainnya.

2. Guru Pembelajar Moda Daring (Dalam Jaringan)
Yaitu fasilitator (instruktur) berinteraksi dengan peserta (guru) secara online (dalam jangan). GP moda daring ini juga terdiri dari,
a. Moda Daring Penuh
– Moda daring 1 (interaksi hanya pada pengampu dan peserta)
– Moda daring 2 (interaksi daring antara pengampu, fasilitator dan peserta
b. Moda Daring Kombinasi (terdapat dua moda sekaligus, tatap muka 12 JP dan daring 48 JP)

Selain dua moda pembelajaran tersebut di atas (tatap muka dan daring) hari berikutnya kami juga mempelajari tentang karakteristik belajar orang dewasa atau disebut dengan andragogi, bahwa pada dasarnya karakter belajar orang dewasa itu biasanya gampang lupa, lamban, tidak mau disalahkan, ingin dihargai, dan lain-lain. Hal ini penting untuk kami pelajari sebab nantinya kami akan berinteraksi kepada peserta yang merupakan seorang guru.

Setelah mempelajari tentang Andragogi, di pertemuan berikutnya kami mempelajari tentang literasi TIK. Mengenal tentang software yang dapat digunakan dalam pembelajaran serta sedikit mengenal tentang fitur-fitur yang terdapat pada web Guru Pembelajar.

Nah, hari senin 18 Juli, kami mulai masuk ke pembahasan modul (kelompok kompetensi). Ada sepuluh kelompok kompetensi (KK), yaitu KKA s.d. KKJ. Setiap KK terdiri dari dua modul tentang pedagogik dan profesional. Pedagogik menjelaskan tentang pembelajaran, penilaian, dll sedangkan profesional berisi tentang materi mata pelajaran yang diampu. Tugasnya cukup berat, karena setelah beberapa hari berada dalam kelompok besar (10 orang/kelompok) kami dibagi menjadi kelompok kecil (4 orang) dan membahas mengenai kesepuluh kelompok kompetensi. Setiap KK memiliki banyak materi dan submateri yang harus kami presentasikan setelah kami diskusikan bersama. Alhamdulillah pada hari ini selasa 19 Juli presentasi semua kelompok selesai dan presentasi kelompok saya berjalan sukses. Horray!

Besok, kami bakalan berkenalan dengan modul moda daring. Semoga ga makin tepar sebab nantinya tiap kelompok akan mendapatkan dua modul. Sehat terus dan semangat! Guru Pembelajar, selalu belajar! Yes, yes, yes, yes, yes!

Advertisements

4 thoughts on “#Day13: Guru Pembelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s