Anak Sulit Makan? Ini Tipsnya

Haiii, Mak!
Setelah sekian lama perjuangan, akhirnya Andara sekarang sudah 18 bulan aja… Kali ini aku mau cerita beberapa tips yang aku pakai buat mengatasi Andara yang kadang susah makan. Sebenarnya dia ga begitu rewel soal makanan, hampir semua dia suka. Mulai dari buah, sayur, snack, gorengan, bubur, jus, susu, ikan, daging… Loh, lantas masalahnya apa? Nasi! Seringkali dia ga mau makan nasi. Padahal di Indonesia, makanan pokok karbohidratnya adalah nasi jadi ini beberapa tips yang aku pakai supaya Andara mau makan nasi, check it out! 😀

1. Bubur Jut

Ada yang tahu jenis bubur apa ini? Kalau ga tau ya wajar, soalnya bisa dibilang ini adalah resep warisan keluarga. (Gaya banget…) Padahal Bubur Jut ini cuma nasi yang dimakan pakai air gula. :p
Jadi, ikan dan lauk pauknya dimakan duluan. Nah, nasinya dibikin Bubur Jut. Cara buatnya gampang banget, masukan satu sendok makan gula pasir ke dalam gelas, tambahkan air secukupnya (kira-kira airnya jadi manis buah aja) tambahkan satu centong nasi putih hangat, aduk. Nah, Bubur Jut siap disantap! Tinggal disuapin deh pake sendok. Hmm… Yummy… Insyaallah, anak suka. Boleh juga kalau mau, air gulanya diganti dengan susu yang biasa diminum sang buah hati.

2. Selang seling

Nah, mamaman apa ini? 😀
Ini bukan makanan atuh tapi trik. Setiap anak pasti ada makanan yang dia suka, entah itu ikan, sayur, buah atau snack. Caranya, Ibu siapkan nasi dan menu makanan si kecil di piring. Siapkan juga makanan kesukaannya. Misalnya, kalau dia suka ikan atau wortel, atau jeruk. Tunjukan pada anak bahwa ibu ada nasi dan makanan kesukaannya, coba suapkan dulu pada anak nasi dan lauknya. Jika anak tidak mau dan merengek minta makanan favoritnya, bilang dengan lembut tetapi meyakinkan “Ibu bakal kasih kamu makanan ini kalau kamu mau makan nasi dulu” lalu suapkan nasi, biasanya anak akan segera membuka mulutnya lebar-lebar. Setelah itu berikan sedikit apa yang dia mau (misalnya satu potong kecil wortel). Begitu seterusnya, secara bergantian, nasi, makanan favorit, nasi, makanan favorit dan seterusnya. Jadi, pakai trik selang seling ini biasanya cukup ampuh supaya anak mau makan nasi.

3. Sendok Kerupuk

Heh? Sendok kerupuk? Apalagi nih? Ibu-ibu pasti tau kalau kebanyakan anak suka makan kerupuk. Sukanya kerupuk doang kan? Terus ibunya pusing karena mana ada gizinya coba kalau makan kerupuk aja? Duer! Jadi, trik selanjutnya ibu tinggal menyiapkan nasi dan lauk serta goreng beberapa kerupuk udang atau ikan ukuran kecil (misal kerupuk merk sam*dera). Kalau sudah siap semua, ibu cukup letakan nasi dan lauk secukupnya di atas kerupuk, tekan sedikit supaya nasinya ga berjatuhan. Tinggal panggil si kecil, “Ibu ada kerupuk loh, mau?” Nyam, nyam, nyam, anak langsung lahap deh makannya.

4. Variasikan Nasi

Iya, paling mudah nih. Kalau anak bosan makan nasi putih, variasikan aja nasinya. Bikin nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning… Resepnya cari sendiri ya…
Atau kalau anak sudah mengerti dengan mie, campurkan saja nasi dengan tumis bihun. Beres deh, anak makan dengan senang. Ibu juga tenang…

Segitu aja ya, mak… Ceritanya soal Andara dan nasi. Hal yang penting kita perhatikan adalah gizi si kecil tercukupi. Bukan asal makan atau asal kenyang aja… Sampai jumpa di tulisan berikutnya. *cium-cium Andara*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s